16 Prodi UIN Surakarta Terakreditasi Unggul dan A, Ini Daftarnya

oleh
iklan

Surakarta – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta terus berbenah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. Toto Suharto, M.Ag., beserta jajarannya, untuk menjadikan kampus terakreditasi unggul adalah mengawal proses akreditasi kampus hingga meraih peringkat Akreditasi Unggul dan A untuk 16 Program Studi (Prodi).

“Prestasi ini bukan hanya sekadar pencapaian, tetapi juga sebuah cermin semangat dan dedikasi untuk mencapai standar kualitas tertinggi dalam dunia perguruan tinggi serta komitmen bersama sivitas akademika UIN Raden Mas Said Surakarta,” terang Kepala Pusat Audit dan Pengendali Mutu UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Muhammad Nanang Qosim, M.Pd.I, di Surakarta, Kamis (8/2/2024)

“Pencapaian peringkat Akreditasi Unggul dan A bukan hanya menggambarkan kualitas pengelolaan program studi, tetapi juga menunjukkan komitmen UIN Raden Mas Said Surakarta terhadap pemberian pendidikan tinggi Islam yang berkualitas, relevan, dan berstandar internasional,” sambungnya.

Semangat unggul ini, kata Muhammad Nanang Qosim, tercermin dalam upaya kampus untuk terus mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan zaman dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan global. Dosen-dosen berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang memadai menjadi pilar utama dalam memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa.

“Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari peran aktif UIN Raden Mas Said Surakarta dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen dan mahasiswa didorong untuk terlibat dalam riset yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ilmu yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan sosial dan ekonomi,” sebutnya.

Semangat unggul untuk akreditasi perguruan tinggi, kata Nanang Qosim, juga tercermin dalam upaya UIN Raden Mas Said Surakarta untuk terus meningkatkan jejaring internasional. Kolaborasi dengan perguruan tinggi dan lembaga internasional membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pengalaman belajar dan riset yang lebih luas, serta memperluas wawasan dan pemahaman terhadap isu-isu global.

“Komitmen Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Mas Said Surakarta yang diketuai Dr. Hafidah, M.Ag, sebagai upaya mengawal dan bertanggung jawab untuk memastikan standar mutu berjalan dengan baik serta sebagai komitmen kerja kepada Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta Prof. Dr. Toto Suharto.,M.Ag. dan Menteri Agama Republik Indonesia serta bangsa dan negara,” paparnya.

Nanang Qosim berharap, dengan keunggulan 16 Prodi Terakreditasi Unggul dan A, UIN, Raden Mas Said Surakarta dapat berkontribusi signifikan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional, dan berdaya saing tinggi. “Semangat unggul ini tidak hanya menjadi kebanggaan kampus, tetapi juga menjadi capaian Kementerian Agama,” tandasnya.

Berikut 16 Prodi Terakreditasi Unggul dan A pada UIN Raden Mas Said Surakarta:

1. Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah), Fakultas Syariah (S1)
2. Prodi Hukum Pidana Islam (Jinayah), Fakultas Syariah (S1)
3. Prodi Manajemen Bisnis Syari`ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1)
4. Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah (S1)

5. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah (S1)
6. Progi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah (S1)
7. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah (S1)
8. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah (S1)

9. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Adab dan Bahasa (S1)
10. Prodi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Bahasa (S1)
11.Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Bahasa (S1)

12. Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1)
13. Prodi Akuntansi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1)

14. Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (S1)
15. Prodi Ilmu Al Qur`an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (S1)

16. Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana (S2).(alfd/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *