KGPAA Mangkunegoro X Respon Isu Dirinya Akan Gantikan Gibran Jadi Walikota Solo

oleh
iklan

Kota Surakarta – Isu akan majunya KGPAA Mangkunegoro X sebagai Walikota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka yang kini telah ungul menjadi pemenang Pemilu 2024 menjadi pendamping Prabowo Subianto, tengah santer menjadi buah bibir masyarakat Surakarta dan juga jagad maya.

Dilansir dari rubicnews.com, Mengenai hal itu, Adipati Mangkunegara pun meresponnya. Bhre mengaku belum ada pembicaraan terkait hal itu.

Meski demikian, dia tidak memungkiri belum lama ini bertemu dengan Gibran dan para relawannya di Pracima Tuin yang ada di kompleks dalam Pura Mangkunegaran.

“Belum ada pembicaraan yang seperti itu. Mengalir saja, kita lihat aja ke depannya,” kata Bhre di Solo, Jawa Tengah, Senin, 4 Maret 2024.

Sementara itu, saat disinggung mengenai ketertarikannya untuk terjun di dunia politik, Gusti Bhre tidak memberikan jawaban secara gamblang.

“Ya kita lihatlah ke depannya bagaimana. Saya belum bisa bilang sekarang,” ujarnya, dikutip Selasa (5/3/2024).

Terkait dengan pemimpin ideal untuk Solo, Gusti Bhre berpendapat penilaian tersebut seharusnya datang dari masyarakat.

“Menurut saya, itu bukan dari saya. Teman-teman semua punya pandangan, apa yang terbaik untuk Kota Solo,” ungkapnya.

Sementara mengenai munculnya tren pemimpin yang masih muda, Gusti Bhre menilai usia tidak menjadi faktor utama untuk bidang apa pun.

“Saya rasa usia bukan faktor utama untuk apa pun, semuanya kembali ke individu masing-masing,” kata dia menambahkan.

Mengenai pertemuannya dengan Gibran dan para relawan, dia menjelaskan bahwa itu terjadi secara kebetulan karena mereka sedang menggelar jamuan di Restoran Pracima Tuin.

“Itu acara Mas Gibran dengan relawan, sekalian saya ketemu tamu-tamu,” ujar Adipati Mangkunegara.

“Kami banyak diskusi terkait kebudayaan dan peran Mangkunegaran terhadap masyarakat. Saya dapat banyak masukan bagus,” tambahnya.

Sebagai informasi, sebelum pelantikan menjadi Raja, nama Adipati Mangkunegara X adalah Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, ia lahir pada 29 Maret 1997.

Adipati diangkat menjadi Raja Mangkunegara X (Ke- 10) pada 1 Maret 2022 menggantikan sosok ayahnya KGPAA Mangkunegara IX yang wafat pada 13 Agustus 2021.

Bhre merupakan putra kedua dari pasangan KGPAA Mangkunegara IX dan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX yang merupakan cucu dari Letnan Jenderal TNI Yogi Supardi.

Adipati Mangkunegara X menghabiskan pendidikan S1 nya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum serta dinyatakan lulus pada 2019.

Acara penobatan KGPAA Mangkunegara X dilaksanakan pada hari Sabtu 12 Maret 2022 di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran.

Penobatan Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai raja Mangkunegara X dihadiri oleh Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming.

Dalam acara penobatan tersebut meliputi janji setia dan sambutan dari Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai penerus tahta selanjutnya.[alfida/red]

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *