Iswar Komunikasi Ke PKB Hingga Iin Ketua Fatayat Jateng Sampaikan Niat Menjadi Cawakil Walikota

oleh
iklan

Kota Semarang – Tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 diKota Semarang sudah mulai berjalan, kini beberapa partai membuka ruang pendaftaran bagi Calon Walikota dan Calon wakil walikota Semarang. Salah satunya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah mengumumkan secara terbuka untuk proses pendaftaran calon peserta Pilkada Kota Semarang ditahun 2024 ini.

Santer terdengar kabar bahwa Iswar Aminuddin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang juga bakal maju menjadi bakal calon walikota Semarang. Mengenai hal tersebut H. Muhammad Mahsun Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kota Semarang mengaku bahwa Iswar sapaan akrab Sekda Kota Semarang itu juga telah melakukan komunikasi dengan PKB saat bulan puasa lalu dengan menyatakan siap mendaftar melalui PKB juga.

“Sudah kita sudah ketemu, tapi pada waktu itu saya sampaikan karena belum ada pendaftaran ya, jadi ya ditunggu saja nanti akan kita Surati juga untuk orang yang mempunyai niat mendaftar melalui PKB baik sebagai Calon Walikota atau Calon wakil walikota,”terangnya kepada Portalistana.Id, Kamis (25/4/2024).

Selain sekda dari internal PKB sendiri ada nama Hj Tazkiyatul Muthmainnah atau biasa disapa Mbak Iin Ketua Fatayat NU Jawa Tengah yang kini masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, juga telah mengutarakan niatnya kepada ketua DPC PKB Kota Semarang untuk juga menjadi peserta Pilkada Kota Semarang itu namun diposisi sebagai Calon wakil walikota.

“Untuk ketua fatayat Mbak Iin sudah sempat mengobrol itu ke arah wakil. Kalau Pak Sekda dan Mbak Iin ini komunikasinya langsung menyatakan sudah ada niat,”ungkapnya ditengah gemericik suara hujan.

Selanjutnya Mahsun juga menjelaskan bahwa PKB juga sudah menerima banyak komunikasi dari beberapa tokoh yang diperkirakan bakal juga turut mendaftarkan diri sebagai Calon Walikota Semarang melalui partai yang dipimpinnya itu, bahkan juga ada yang sudah menyampaikan hari pendaftaran secara resminya.

“Sebelumnya sudah ada yang langsung dan utusan, Salah satunya Mas Wawan yang dikabarkan nanti hari Minggu akan mendaftarkan ke DPC,”ungkapnya.

Dia juga menambahkan selain Wawan juga telah banyak sejumlah nama yang juga bakal mendaftar melalui PKB baik dari tokoh masyarakat dan juga kader partai diluar PKB.

“Yang sudah berniat mendaftar sudah cukup banyak salah satunya Pak Sumarmo, dokter Hayyi Wildani dari PPP, ketua Fatayat Jawa Tengah Mbak Iin dan ada beberapa nama lain,”sambungnya.

Dikonfirmasi lebih lanjut dalam penentuan siapa yang nanti bakal diusung PKB Kota Semarang dirinya menjelaskan tidak ada kriteria khusus dari internal PKB Kota Semarang yang terpenting bagaimana komitmen Calon untuk masyarakat Kota Semarang itu sendiri.

“Kalau kita diskusikan tidak ada kriteria khusus ya Yang penting paling tidak secara komitmennya untuk membangun kota Semarang itu tinggi. Komitmen terhadap masyarakat kota Semarang untuk membangun manusianya kota Semarang yang tinggi,”lanjut Mahsun.

Dalam proses penjaringan calon Mahsun bersama tim DPC PKB Kota Semarang mengikuti arahan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB yang nantinya DPC akan menyampaikan rekomendasi siapa calon yang dikehendaki oleh masyarakat kota Semarang melalui respon-respon yang ada.

“Kami mengikuti arahan dari DPP dan waktu itu kami juga mengikuti rapat melalui zoom dan akhirnya pada hari ini kita buka. Ada tiga jenjang DPC DPW kemudian DPP nah tentu DPC ini menjadi pertimbangan yang utama karena yang tahu wilayah dan Siapa calon yang potensi Siapa calon yang dikehendaki rakyat atau masyarakat kan DPC, akan tetapi yang memutuskan itu DPP kami nanti akan menyampaikan dari respon-respon untuk pertimbangan DPP dalam memutuskan,”tuturnya.

Mahsun juga menegaskan bahwa dalam penilaian dirinya bersama tim dari DPC PKB Kota Semarang akan fair tidak memandang kader atau tidak kader serta akan memegang teguh mekanisme yang ada dari DPP PKB itu sendiri.

“Ya tentu penilaian itu kan secara fair artinya kalau secara umum DPP tidak membatasi harus kader, yang menjadi utama adalah penerimaan dari masyarakat,”tegasnya.

Disisi akhir dikonfirmasi mengenai incumben yaitu Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) Dan beberapa orang terdekat Hendi mantan walikota Semarang seperti H. Arnaz Agung Andrarasmara apakah sudah juga turut berkomunikasi dengan PKB, Mahsun akan juga memberi surat kepada sosok sosok tersebut. Namun karena posisi PDIP sendiri diKota Semarang juga sudah memenuhi untuk mengusung sendiri tanpa koalisi PKB juga akan membuka diri jika PKB dipandang bisa menjadi supporting sistem.

“Kalau nama-nama itu nanti juga akan kita berikan surat kalau beliau minat mendaftar dari PKB. Kalau PKB dipandang menjadi supporting system ya kami welcome, tetapi kami juga akan menyodorkan wakilnya dari kader kami,”pungkasnya.[den/red]

iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *