Jaga Ekosistem Sungai, BNNK Temanggung Tebar Ribuan Benih Ikan di Sungai Lutut

oleh
iklan

TEMANGGUNG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung menebar ribuan benih ikan di Sungai Lutut wilayah Kecamatan Candiroto.

Kepala BNNK Temanggung AKBP Triatmo Hamardiyono mengatakan, penebaran benih ikan ini untuk menjaga ekosistem dan menambah populasi ikan di perairan Sungai Lutut.

“Kami dari BNN peduli lingkungan dan menebar benih ikan. Ikan yang ditebar jenis nila,” kata Triatmo Hamardiyono, Kamis (23/3/2023).

Ia mengatakan, penebaran benih ikan dinilai penting, karena dapat menambah pasokan dan stok ikan dan juga sebagai upaya pengembalian ekosistem biota air sungai di Sungai Lutut.

meminta masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara-cara yang dilarang seperti menyetrum, potas dan meracun, sebab melanggar aturan dan ada hukuman pidananya.

Ia menyampaikan, ikan yang ditebar bisa dikonsumi oleh warga, sehingga menambah gizi keluarga, sekaligus meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kabupaten Temanggung.

“Ikan sendiri sangat bermanfaat, yakni gizi protein yang tinggi dan omega 3 nya tinggi bisa berdampak pada peningkatan kecerdasan, kesehatan dan kekuatan anak,” tuturnya.

Selain di Sungai Lutut, penebaran benih ikan dilakukan di sejumlah titik di Kabupaten Temanggung.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Temanggung, Soni Hendrawan mengatakan, benih ikan yang ditebar sebanyak 2000 ekor.

Dalam penebaran ikan ini, BNNK bekerjasama dengan desa setempat dan komunitas pencinta lingkungan di Kabupaten Temanggung serta masyarakat.

“Merekalah yang diharapkan akan menjaga lingkungan termasuk ikan,” katanya.(den/red)

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *