Jelang Bulan Ramadhan, Kapolres Bojonegoro Gelar Tatap Muka dan Silaturahmi Dengan Da’i Kamtibmas – Pendeta Kamtibmas

oleh
iklan

Bojonegoro – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H, Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar tatap muka dan silaturahmi dengan para Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas Polres Bojonegoro dalam rangka Memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung AP I Rawi Polres Bojonegoro, Senin(20/3/2023).

 

Tatap muka dan silaturahmi tersebut juga dihadiri oleh Wakapolres, Kompol David Manurung, Kabag Ops, Kompol Budi Santoso, Kasat Binmas, AKP Agus Elfauzi, Kasat Intelkam, IPTU Joko Sutrisno, Ketua Da’i Kamtibmas, KH. Alamul Huda serta Da’i dan pendeta Kamtibmas Polsek jajaran.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak baik Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas di Polres Bojonegoro dalam rangka tatap muka dan silaturahmi. Peran tokoh agama sangat penting dan sangat diharapkan untuk membantu tugas-tugas Kepolisian, khususnya terkait dengan tugas Kepolisian pre emtif dan preventif, tugas pencegahan gangguan kamtibmas, terlebih saat ini menjelang bulan Ramadhan.

 

Pada bulan puasa, situasi akan ada peningkatan aktifitas masyarakat yang cenderung menimbulkan potensi-potensi gangguan Kamtibmas.

 

“Kami minta kepada hadirin semua, khususnya para Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas agar membantu kami untuk memberikan pencerahan – pencerahan, imbauan Kamtibmas kepada warga, jama’ah atau pengikutnya,” pinta Kapolres, AKBP Rogib Triyanto kepada para Da’i dan Pendeta Kamtibmas.

 

Lanjut Kapolres, selama ini Polres Bojonegoro beserta Polsek jajaran telah melaksanakan upaya-upaya preventif dengan melakukan patroli, berada di pusat keramaian, perbelanjaan, kawasan rawan kriminalitas serta mengajak masyarakat untuk menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro.

 

Misalnya masyarakat harus lebih meningkatkan keamanan diri apabila ada yang ingin bepergian, ibadah sholat tarawih atau meninggalkan rumah agar betul-betul mengunci pintu dan mengecek kembali kompor dan aliaran listrik yang tidak dipergunakan untuk dimatikan menghindari kebakaran atau konsleting listrik.

 

Untuk kendaraan bermotor, masyarakat diminta selalu antisipasi dan berhati-hati saat menyimpan atau memarkir kendaraan.

 

“Gunakan kunci pengaman ganda dan di simpan di dalam rumah sehingga tidak menjadi korban pencurian motor,” katanya.

 

Pihaknya menambahkan kepada para orang tua, agar mengawasi dan melarang anak-anaknya untuk bermain dan atau menyalakan petasan (mercon) serta kembang api yang menimbulkan ledakan. Larangan itu dikerenakan bunyinya yang sangat mengganggu warga disekitarnya, dan sangat membahayakan baik terhadap diri anak-anak yang menyalakan petasan tersebut, maupun terhadap warga sekitar.

 

“Bahaya, termasuk juga kemungkinan timbulnya korban luka-luka akibat ledakan petasan tersebut, jika mengenai bagian tubuh seseorang,” imbuhnya.

 

Kapolres Bojonegoro mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari kegiatan yang dapat mengganggu Kamtibmas.

 

“Mari kita hiasi bulan Ramadan ini dengan kegiatan keagamaan dan kegiatan positif. Hindari kegiatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Dalam menjalankan tugasnya, Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri, namun butuh peran serta dan kolaborasi semua pihak,” tutup Kapolres.

 

Sementara itu, Ketua Da’i Kamtibmas Polres Bojonegoro, KH. Alamul Huda mengatakan bahwa Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas mempunyai tugas prinsip yakni penyuluh, pengajak dan memberi contoh dalam menjaga Kamtibmas.

 

“Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas siap mendukung dan menjadi penghubung Polres Bojonegoro dalam rangka Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” ucap Ketua Da’i Kamtibmas, KH. Alamul Huda.

 

KH. Alamul Huda menyampaikan bahwa Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas menjadi filter atau penyaring dalam hal informasi-informasi yang belum jelas sumbernya.

 

“Kita ini menjadi penyaring dan menjadi fasilitator dalam penyelesaian masalah di Bojonegoro. Dengan harapan Bojonegoro aman dan kondusif,” ucap Gus Huda panggilan akrabnya.

 

Kapolres Bojonegoro memberikan bingkisan secara simbolis kepada Da’i Kamtibmas dan Pendeta Kamtibmas. (Bambang/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *