MA Unggulan Al Bahroin Masukkan Nilai Moderasi Beragama Lewat Pondok Ramadhan

oleh
iklan

BOJONEGORO – Bulan suci Ramadhan menjadi momen terbaik bagi Madrasah Aliyah (MA) Unggulan Al Bahroin dalam memasukkan nilai-nilai moderasi beragama melalui program pondok Ramadhan.

Bertempat di Komplek Pondok Pesantrean Al Bahroin Nguken Padangan Bojonegoro, kegiatan Pondok Ramadhan 1444 H / 2023 M di MA Unggulan Al Bahroin, diikuti oleh seluruh santri kelas sepuluh pada program jurusan Agama sejumlah 46 santri.

Ponpes Al Bahroin Nguken Padangan, juga mengelola kegiatan pendidikan umum antara lain MI Al Bahroin, Mts Al Bahroin, MA Unggulan Al Bahroin.

Menurut Khoirur Ro’isah, S.S.i selaku kepala MA Unggulan Al Bahroin Nguken Padangan. Bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pembelajaran keagamaan di bulan Ramadhan 1444 H

“Untuk tema kegiatan kali ini Ramadhan menguatkan karakter siswa sebagai Muslim Rahmatan Lil ‘Alamiin dan membangun kebersamaan menuju Madrasah yang hebat bermartabat, Mandiri Berprestasi”.tuturnya.

Disamping itu Khoirur Roisah juga menambahkan untuk kegiatan kali ini banyak kegiatan positif keagamaan yang diberikan kepada para peserta didiknya.

“Selain kegiatan sholat jama’ah dan tadarus Al-Quran bersama-sama, disampaikan pula materi agama meliputi ilmu fiqih ibadah (thoharoh, sholat, puasa, zakat) dengan acuan kitab kuning dan kita berikan materi Moderasi beragama sebagai semangat kebangsaan,”tambah Khoirur Roisah.

Terpisah Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahroin Nguken Padangan, K. Muhamad Nurul Burhan, S.H.I. menambahkan adanya kolaborasi positif dilingkungan pesantren.

“Kegiatan Pondok Ramadhan yang berkolaborasi dengan kegiatan kepesantrenan di lingkungan madrasah dan Pondok Pesantren Salafiyah Al Bahroin ini, diharapkan dapat menguatkan penanaman karakter diri yang islami dan menambah pemahaman siswa dan siswi tentang moderasi beragama (islam Rahmatan Lil ‘Alamiin) dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyah. Semoga siswa dan siswa mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari,”tambah pengasuh pesantren Al Bahroin kepada portalistana.Id.(den/red)

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *