R Moerdjoko: Percuma Sahkan Banyak Warga, Tidak Ada Prestasi

oleh
iklan

Wonogiri – Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat, Drs R Moerdjoko, HW, menegaskan manajerial organisasi penting agar anggota taat dan tidak melanggar anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART).

PSHT Wonogiri hadir bisa berguna bagi masyarakat, pemkab dan seluruh stakeholder. Pengurus cabang, ranting dan struktural lain sampai pelatih harus mampu menjadi manajerial organisasi. Perbanyak prestasi karena prestasi mampu mengangkat nama baik PSHT.

Pernyataan Moerdjoko disampaikan dihadapan pengurus cabang dan ranting PSHT se-Wonogiri seusai mengukuhkan dan melantik Pengurus Cabang dan Dewan Cabang PSHT Wonogiri periode 2022-2027. Acara digelar di Padepokan PSHT, Dusun Kedungsono, Desa Bulusulur, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, Minggu, (3/12/2023).

Ketua Cabang PSHT Wonogiri dijabat Drs Sugiyatto dengan Sekretaris Sarto, SIP beserta struktur lain seperti wakil ketua, wakil sekretaris dan sebagainya. Sedangkan Ketua Dewan Cabang dijabat Sunarto dengan anggota Suyoto dan Supriyadi.

Moerdjoko mengatakan PSHT mengajarkan seni pencak silat untuk meraih prestasi.

“Seni pencak silat itu untuk menambah percaya diri. PSHT Wonogiri hadir bisa berguna bagi pemerintah dan masyarakat. Angkat nama PSHT melalui prestasi karena prestasi ini yang bisa mengangkat nama PSHT di masyarakat,”katanya.

Dia tegaskan, percuma memiliki banyak warga tetapi tidak ada prestasi. Moerdjoko bercerita pencak silat masuk wadah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) atau organisasi di Indonesia.

“[Cabang olahraga] Pencak silat dipertandingkan di ASEAN Games dan SEA Games. Tahun yang lalu PSHT sudah ikut berbicara bahkan kegiatan 2022 lalu di Kejuaraan Indonesia Open PB IPSI Kontingan Pusat Madiun meraih juara umum,”ujarnya.

Selain itu hingga kini PSHT telah juga banyak memiliki prestasi yang membanggakan diantaranya Tahun 2023 di ajang Kapolri Cup PSHT meraih juara umum dan Juli 2023 mengikutu Kejuaraan KASAD Cup meraih juara umum.

“Prestasi Ini mengangkat nama PSHT. Untuk itu berpacu untuk berprestasi. Prestasi diraih tidak mungkin hanya sekali mengikuti kejuaraan tetapi dibutuhkan jam terbang banyak dan kalau ingin meraih juara harus dimulai dari bawah. Warga PSHT itu pinter silat, budi pekerti baik itu yang diharapkan masyarakat,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Cabang PSHT Wonogiri terpilih, Sugiyatto, mengatakan dirinya sudah lima periode memimpin PSHT Wonogiri.

“Sekarang saya mendapatkan amanah ini periode kelima. Setiap periode 5 tahun dan saya sejak tahun 2001 sampai sekarang tidak ada sela atau jeda. Ini amanah yang harus saya emban,”katanya.

Menurutnya, PSHT adalah lembaga pendidikan informal dan sosial bertujuan sesuai AD dan ART yakni membentuk manusia berbudi luhur, tahu benar tahu salah.

“Harapan saya, sedulur PSHT memilih yang benar, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memayu hayune Bawana. Membuat bahagia sesamanya. Tujuan ini sangat luar biasa,” katanya.

Sugiyatto menegaskan dalam keterangannya kepada awak media bahwa seseorang masuk ke PSHT itu agar lebih baik kepribadiannya menjadi berbudi luhur itu.

“Dahulu mendengar PSHT itu ibarat wadah memproses banyu kali dijadikan air minum, air jambangan menjadi air kali kemudian menjadi air minum. Artinya, menjadikan perubahan kepada seseorang menjadi jujur,” jelasnya dengan penuh ketegasan.

Pihaknya juga menambahkan bahwa PSHT Wonogiri terus berbenah lebih baik dengan salah satunya pada pengesahan tahun 2023 ini tidak ada konvoi dari para warga PSHT Wonogiri.

“Alhamdulillah, acara pengesahan warga tahun 2023 ini tidak ada konvoi. Jika ada konvoi, masyarakat alan apatis terhadap PSHT, karena orang mau lewat saja jalanan sudah dipenuhi peserta konvoi, siapa yang akan simpatik,”imbuhnya.

Dia berharap anggota PSHT, saling menghomarti, lebih bertanggungjawab, disiplin, tertib taat aturan amanah.

“Menjadi warga PSHT, yang penting menjadi lebih baik, menyikap tabir tirai, mengurangi rasa sombong dan keakuan.”harapnya.(den/red)

iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *