Sidak Candi Borobudur, Ganjar : Siap Terima Wisatawan saat Libur Lebaran

oleh
iklan
MAGELANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak ke Candi Borobudur, Sabtu (15/4/2023). Candi Borobudur juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan pada saat libur lebaran.
Sebelumnya, Ganjar juga keliling memantau arus mudik dan mengecek posko Lebaran 2023 di sejumlah titik di Kawasan Magelang.
Ganjar didampingi istrinya, Siti Atikoh, tiba di kawasan Candi Borobudur sekitar pukul 13.00 WIB. Kedatangan Ganjar, tidak disambut secara khusus. Ia mengantre bersama wisatawan lainnya, saat masuk ke dalam Candi Borobudur.
Gubernur Jateng dua periode itu kemudian membeli tiket khusus kunjungan masuk di pelataran candi. Harganya dipatok Rp50.000 per orang.
Saat itu, GM Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi, turut mendampingi Ganjar.
“Kami memastikan seluruh objek wisata siap untuk menerima para wisatawan, termasuk mungkin kira-kira Borobudur ramainya hari ke tiga lebaran,” kata Ganjar.
Dari hasil pemantauan di candi, Ganjar melihat fasilitas dan petugas di Kawasan Candi Borobudur telah siap menerima wisatawan. Ia berharap hal ini bisa ditiru pengelola wisata lainnya.
“Petugas di depan briefing-nya bagus. Kalau kayak Borobudur kan relatif sistemnya settle, bagus. Termasuk SDM-nya, aturannya. Mudah-mudahan nanti tempat wisata yang lain juga menyesuaikan,” ucapnya.
Ganjar sempat mengecek lokasi para pedagang yang terletak di pintu keluar Kawasan Candi Borobudur. Tampak beberapa bagian sedang dalam renovasi, namun aktivitas jual beli tetap berjalan.
“Karena dulu ada komplain dari beberapa pedagang, semua sudah bisa disepakati dikasih tempat khusus, meskipun menurut saya ya masih harus dicarikan yang representatif,” ujarnya.
Ganjar juga mengimbau kepada para pengelola wisata, khususnya yang masih baru, agar memastikan sarana prasarananya dalam kondisi baik.
“Saya minta yang punya wahana-wahana permainan diaudit, agar keamanannya bisa terjamin,” tandasnya.
Sebagai informasi, tiket masuk kawasan Candi Borobudur dibanderol mulai harga Rp50.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan domestik yang ingin naik ke candi, cukup merogoh kocek Rp150.000.
Sementara, bagi wisatawan mancanegara yang ingin masuk dan naik ke Candi Borobudur dipatok harga Rp500.000, dengan keuntungan mendapat suvenir khusus dan fasilitas pemandu wisata secara gratis.(den/red)
iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *