SKK Migas dan PETRONAS Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas UMKM

oleh
iklan

GRESIK – SKK Migas bersama dengan PETRONAS Indonesia serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdangangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik menginisiasi Program Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi untuk membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dijalankan oleh masyarakat Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Program yang dimulai sejak tahun 2022 ini meliputi serangkaian kegiatan pelatihan dan diikuti oleh 20 kelompok ibu rumah tangga (IRT) dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia serta partisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah melalui kegiatan usaha lokal.

Krupy merupakan produk yang dihasilkan dari program pembinaan tersebut dan berasal dari olahan sumber daya laut. Pembuatan Krupy sendiri juga termotivasi dari keberlimpahan sumber daya laut Kabupaten Gresik serta mata pencaharian masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Produk-produk Krupy seperti kerupuk ikan dan olahan makanan laut lainnya  telah berhasil mendapatkan sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) serta sertifikasi halal dan juga lolos kurasi ekspor ke Jepang pada Februari 2023. 

Pembinaan UMKM ini tentunya selaras dengan rencana strategis Indonesia Oil and Gas 4.0 dalam rangka menciptakan efek berganda atau multiplier effects pada industri hulu migas Indonesia melalui peningkatan kapasitas nasional dan integrasi bisnis antar pelaku usaha, pabrikan, vendor, serta UMKM sebagai penunjang industri.

Hal ini juga menjadi tujuan besar dari Forum Kapasitas Nasional yang telah diadakan selama tiga tahun terakhir untuk mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

UMKM Krupy juga telah mengikuti pelatihan hygiene packaging dari PT SUCOFINDO yang merupakan mitra dari Forum Kapasitas Nasional 2023 dalam mendukung upaya bersama dalam peningkatan kapasitas nasional melalui layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification). Pelatihan ini dijalankan untuk memenuhi standar pengemasan higienis. 

Tidak hanya itu, SKK Migas juga bekerja sama dengan Tokopedia untuk memberikan pelatihan pengembangan bisnis yang dilakukan secara daring kepada ratusan pelaku UMKM binaan industri hulu migas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antaranya UMKM Krupy

Produk Krupy sendiri juga dipamerkan pada Forum Kapasitas Nasional III Wilayah Jabanusa yang diadakan pada 22 – 24 Mei 2023 dan berhasil memenangkan kategori “Packaging Produk Terbaik”.

 “SKK Migas menyambut baik program binaan UMKM PETRONAS Indonesia melalui pembuatan makanan ringan hasil olahan sumber daya laut yang dapat memberikan manfaat langsung kepada perekonomian masyarakat Desa Kramat. Kami akan terus berkolaborasi dengan KKKS di wilayah operasi untuk terus menciptakan multiplier effects melalui program-program pengembangan yang bertujuan untuk memberdayakan berbagai aspek kehidupan masyarakat sekitar,” terang Nurwahidi selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa.

Tentunya, SKK Migas melalui kolaborasi dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya akan terus mendukung peningkatan kompetensi serta kualitas pelaku UMKM untuk dapat mengepakkan sayapnya baik dalam lingkup nasional dan internasional sebagai bentuk kontribusi positif industri hulu migas untuk kemajuan di negeri ini.(den/red)

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *