Sukseskan Ketahanan Pangan Rakyat, PKS Jatim Launching Lumbung Pangan Berupa ATM Beras

oleh
iklan

Surabaya – Resesi ekonomi yang diprediksi para pengamat direspons oleh PKS dengan menggelar Program Lumbung Pangan Rakyat, salah satunya ATM Beras yang dilaunching PKS Jatim pada Kamis, 13 April 2023 di Kantor DPW PKS Jawa Timur.

Ketua DPW PKS Jawa Timur (Jatim) Irwan Setiawan menjelaskan Launching ATM Beras ini menjadi salah satu program PKS saat Ramadhan. Sebelumnya, dalam program Ramadhan PKS menggelar Ziarah Wali Songo, Nuzulul Qur’an, khataman Al Quran, Posko Mudik, dan seterusnya.

Program Lumbung Pangan berupa ATM Beras ini merupakan program nasional PKS yang digagas oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu. PKS Jawa Timur turut mensukseskan program lumbung pangan berupa ATM beras ini sebagai bentuk komitmen PKS Jawa Timur untuk melayani rakyat. ia menjelaskan, ATM beras merupakan alat semacam ATM yang bisa menarik beras.

“PKS Jatim telah menerima instruksi presiden (Inpres) PKS kepada seluruh struktur di Indonesia. Isinya memerintahkan struktur partai agar menjadi lumbung-lumbung pangan,” ungkap Kang Irwan.

“Untuk PKS Jatim bentuk dari program lumbung pangan tersebut berupa ATM Beras. Persis seperti ATM, mesin ini juga menggunakan kartu. Jika ditempelkan, beras 3 kilogram akan keluar,” kata pria 47 tahun itu.

ATM beras ini, ia menambahkan bisa digunakan oleh masyarakat umum yang sudah memiliki kartu ATM Beras.

“Pengurus PKS di level DPRa dan DPC yang akan mendata siapa di lingkungannya yang membutuhkan. Karena mereka yang paling paham warga sekitarnya,” jelas Irwan.

ATM beras ini yang ada di kantor PKS Jatim ini, ia melanjutkan, setiap bulan akan disiapkan beras dalam ATM tersebut. Prinsipnya ATM beras akan terus terisi penuh.

“Konsepnya membuat lumbung pangan di seluruh kantor PKS mulai dari pusat hingga di ranting. Anggota melebihkan makanan kesehariannya dan dikumpulkan di kantor-kantor PKS. Jadi jika biasanya di rumah ada empat anggota keluarga, maka menyiapkan lima makanan, yang satu untuk lumbung pangan,” katanya.

Bentuk makanannya bisa beragam, mulai dari beras, sayuran, buah-buahan, roti, dan seterusnya.

“Sebenarnya program ini sudah dilaksanakan beberapa DPC PKS di Jawa Timur sejak lama. Program Lumbung Pangan PKS ini akan semakin menguat. Partisipasi dari masyarakat juga diharapkan jika siap mensukseskan program lumbung pangan ini. Selain oleh pengurus dan anggota, PKS Jatim membuka ruang partisipasi dan kolaborasi dari berbagai kalangan untuk suksesnya program lumbung pangan ini,” kata Kang Irwan.

Irwan kemudian menyampaikan bahwa berbagai program PKS ini dilakukan dalam rangka terus menguatkan PKS menjadi partai Islam rahmatal lil alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“PKS ini lahir dari rakyat, bagian yang tak terpisahkan dengan rakyat, program-program kami tentu akan kembali pada rakyat. Mohon doanya, agar kami terus konsisten dan komitmen dengan berbagai program kerakyatan,” tutup Irwan.(den/red)

iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *