Jadi Parpol Pendaftar Pertama, 50 Caleg PKS Kota Semarang Resmi Daftar ke KPU

oleh
iklan

SEMARANG – Sebanyak 50 calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang hari ini, Senin (8/5/2023).

Terlihat para pimpinan PKS Kota Semarang yaitu Ketua DPD PKS Kota Semarang dan Sekretaris DPD PKS Kota Semarang Setyawan. Selain itu hadir pula Ketua Dewan Etik Daerah (DED) PKS Kota Semarang M Sifin Almufti dan Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Semarang Johan Rifai.

Kedatangan rombongan PKS Kota Semarang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Semarang Henry Cassandra Gultom beserta jajarannya pada Senin siang sekitar pukul 14.00 WIB di Kantor KPU Kota Semarang di Gedung Pandanaran Lantai 6 Kota Semarang.

Usai melakukan serangkaian prosesi verifikasi oleh petugas KPU Kota Semarang pada sistem aplikasi pencalonan (Silon), berkas pengajuan Bacaleg PKS Kota Semarang resmi diterima oleh KPU Kota Semarang pada Senin sore sekitar pukul 15.15 WIB.

Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono mengatakan mereka menjadi partai pertama yang mendaftarkan calon legislatif tingkat DPRD Kota Semarang ke KPU Kota Semarang.

“Alhamdulillah hari ini Senin tanggal 8 Mei 2023 tepat sesuai nomor urut PKS, yakni 8, kita mendaftarkan 50 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) atau 100 persen kuota di Kota Semarang,”kata Suharsono dalam keterangannya kepada wartawan usai pendaftaran di Kantor KPU Kota Semarang.

Ada sejumlah alasan mengapa partainya mendaftar pada tanggal 8 Mei 2023. “Kita jadi partai politik yang pertama, tentu ini sesuatu yang baik, sehingga PKS harapannya menjadi pertama perolehannya (suara),”jelas Suharsono.

Adapun komposisi 50 Bacaleg itu, kata Suharsono, adalah 35 orang Bacaleg laki-laki dan 15 Bacaleg perempuan.

“Kita ada 15 Bacaleg perempuan yang artinya 30 persen kuota perempuan tercukupi, dan juga ada milenial 12 persen,”ujar pria yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Semarang ini.

Lebih lanjut, Suharsono mengungkapkan partainya mengakomodasi kalangan milenial karena potensi milenial sangat besar.

“Kita untuk milenial ada 12, termuda usia 21 tahun, dan harapannya dari 12 itu ada 1 milenial yang bisa jadi Aleg, karena kita pahami dalam konteks sekarang potensi milenial ini cukup besar, milenial yang menjadi perhatian bagi PKS,”papar dia.

Untuk target, imbuh Suharsono, PKS memiliki jargon “Naik Kelas 2024” yang diharapkan bisa menambah kursi anggoat DPRD Kota Semarang.

“Tentu untuk target kita bertambah ya, dari yang sekarang 6 kursi, besok kita harapkan meningkat, bisa 8, 9, sampai 10 kursi,”tandasnya.

Dari sisi profil latar belakang Bacaleg, Suharosno mengungkapkan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 ini Caleg PKS berasal dari berbagai latar belakang profesi.

“Ada pengusaha, buruh, pensiunan ASN, dosen, guru dan pengusaha, ada juga anggota DPRD petahana dimana dari 6 aleg kita, 4 diantaranya kembali maju di Pileg DPRD Kota Semarang, sementara 2 lainnya maju ke tingkat Provinsi,”pungkasnya.(den/red)

iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *