Khotmil Quran HPN 2024, Ketua PWI Jateng Sampaikan Pesan Jaga Kekompakan

oleh
iklan

KOTA SEMARANG – Majelis Tadarus Quran Ashabul Kahfi bentukan PWI Jateng kembali menggelar Khotmil Quran di Gedung Pers, Semarang, Kamis malam 8 Februari 2022. Kegiatan sebagai rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2024 tingkat Jateng, selain dihadiri pengurus PWI, juga ibu-ibu anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Khataman Alquran pada majelis yang dipimpin Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana melaksanakan pembacaan 22 surat paling akhir dalam Al Quran secara urut, mulai dari ad-Duha, al-Insyirah, at-Tin, al-Alaq, al-Qadr, dan seterusnya sampai an-Nas.

Khataman dipimpin Muhammad Chamim Rifai, doa khotmil Quran oleh Aris Syaefudin Zuhri, dan dilanjutkan mujahadah dipimpin Agus Fathuddin Yusuf.

Di sela-sela tadarus Al Quran Kamis malam, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan pesan untuk menjaga dan mempertahankan kekompakan, persahabatan, dan persaudaraan. Dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada majelis Ashabul Kahfi yang pada tahun keempat tetap bisa merawat kegiatan.

Amir menjelaskan, kegiatan HPN tahun ini dilaksanakan dengan sederhana karena bertepatan dengan tahun politik. Namun dia berharap dari hal sederhana ini bisa dimaksimalkan untuk perayaan tahun depan.

Dia juga mereview perjalanan kepengurusan PWI saat ini. Amir yang telah memimpin dua periode ini, merasakan betapa para pengurus yang berada dalam Rumah PWI, mengalami ikatan batin yang sama.

”Saya menghargai betul kekompakan dan ikatan yang terjalin selama ini dalam berorganisasi. Dan saya rasa kekompakan ini harus berlanjut pada kepengurusan berikutnya, yang tentunya diisi dengan wajah-wajah muda yang lebih segar. Saya ingin kondisi yang guyub, peduli, baik itu pengurus maupun IKWI-nya bisa terus dijaga dan dirawat,” tambahnya.

Setiawan Hendra Kelana menambahkan, acara Kamis malam merupakan khataman putaran ke-102. Majelis Tadarus Qur’an Ashabul Kahfi terbentuk pada 17 Juli 2020.

Dia mengatakan, di awal terbentuknya, target 15 hari khatam pada putaran pertama, ternyata terlampaui lebih cepat. Pada Sabtu 25 Juli 2020, grup tadarus ini sudah merampungkan 30 juz dan dikhatamkan secara virtual.

Sementara putaran kedua khatam pada Jumat 7 Agustus 2020, diseremonikan secara langsung di Gedung Pers dan dihadiri langsung Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Dr KH Ahmad Darodji. Selanjutnya khataman dilakukan secara virtual, di Gedung Pers, atau rumah jemaah.

Rata-rata dalam 10-15 hari majelis bisa merampungkan khatam 30 juz. Saat Ramadan bisa sepekan sekali sehingga dalam sebulan khatam 30 juz sebanyak empat kali.

Rangkaian HPN berlanjut pada Jumat hari ini 9 Februari 2024, dengan ziarah ke makam wartawan senior dan resepsi HPN yang direncanakan dihadiri Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Forkopimda Jateng, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan mitra kerja PWI.[den/red]

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *