Medhayoh Fest Chapter Ramadhan “Safari Setulus Hati”

oleh
iklan

BOJONEGORO – Medhayoh Fest memulai perjalanan dari tahun 2022, tahun 2023 akan menjadi tahun ke-2 festival yang memiliki arti “bertamu” ini diselenggarakan. Tahun ke 2 perjalanan ini adalah pengantar proses keberlanjutan peristiwa kebudayaan Medhayoh Fest akan terus berlangsung.

Pengalaman dari tahun sebelumnya pada peristiwa Medhayoh Fest, adalah dasar dari pelaksanaan medhayoh tahun ini, Medhayoh tetap berharap menjadi sebuah warisan dengan nilai yang dapat diberdayakan secara berkelanjutan. Medhayoh Fest mengusung upaya untuk menciptakan citra dan kesan festival yang ramah kepada penontonnya. Karena, Medhayoh tidak hanya dimaknai sebagai sebuah pertemuan, Medhayoh adalah bertemunya hati seseorang dengan saudara atau orang lain. Medhayoh juga mempunyai makna rengkuh yang artinya berlapang dada menerima kedatangan seseorang dengan keramahan.

Di bulan berkah nan suci Ramadhan ini, Medhayoh hadir dengan filosofi “manusia dan perjalanan” dan tageline “safari setulus hati” dalam salah satu ayat Al-Qur’an tentang perjalanan dijelaskan “Ia-lah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu kembali” Dalam konteks perjalanan hidup manusia, ayat ini mengajarkan bahwa perjalanan hidup manusia juga merupakan bagian dari rencana Allah SWT, sedangkan dalam arti lain perjalanan dimaknai sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah.

Berkaca dari fenomena tersebut, Ademos Indonesia bersama warga Desa Dolokgede mencoba merespon peluang serta mewarnai momentum bulan Ramadhan dengan mengadakan acara Medhayoh Fest Chapter Ramadhan yang akan terselenggara pada tanggal 14 – 20 April 2023 di Dolok Cozy Space (The Dozs) Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro akan ada beberapa rangkaian aktivitas yakni Lomba Oklik, Lomba Rebana Perempuan, Lomba Tahfidz Anak-anak, Lomba Mewarnai, Ngopi Sareng Content Creator, Beauty Class, dan Community Meet Up. Selain rangkaian diatas, yang tidak terpisahkan dalam Medhayoh Fest adalah pameran inovasi produk UMKM warga Desa Dolokgede, akan ada beragam kuliner khas ndeso yang menjadi menu andalan berbuka bagi para dhayoh yang datang.

 

Bukan tanpa tujuan, kompetisi yang diadakan dalam Medhayoh Fest Chapter Ramadhan bertujuan untuk memberikan wadah bagi masyarakat serta untuk menunjukkan keahlian dalam bidang yang diikuti.  Kompetisi tersebut menawarkan kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan menyempurnakan kemampuan yang dimiliki serta memberi pengalaman yang menarik. “Tujuannya adalah memberi pengalaman yang menarik pada setiap aktivitas yang disusun, sehingga akan memberikan kesan yang selalu diingat oleh para pengunjung” Ujar  Agisna panitia Medhayoh Fest

Festival ini boleh dikunjungi dan terbuka bagi siapapun, Festival ini diupayakan untuk membuka peluang dan memperluas aktivitas ekonomi, serta meningkatkan pendapatan bagi warga, hal tersebut juga sebagaimana yang dikampanyekan Presiden Jokowi “Tahun 2023 ini Indonesia akan mengalami peningkatan pelaksanaan event yang tentu bagus untuk peningkatan ekonomi Indonesia,”.(den/red)

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *