Planetarium UIN WS Fasilitasi Teropong Bintang Gratis Untuk Melihat Gerhana Matahari Parsial

oleh
iklan

KOTA SEMARANG – Momen fenomena alam terjadinya gerhana matahari parsial atau gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada tanggal 20 April 2023 mendatang membuat banyak masyarakat ingin dapat melihat fenomena tersebut dengan bagus dan jelas.

Menyikapi fenomena alam yang tidak terjadi setiap tahun itu Planetarium Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Kota Semarang memberi Fasilitasi Masyarakat Kota Semarang yang ingin melihat keindahan fenomena tersebut dengan menyiapkan teleskop atau teropong bintang gratis bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam gerhana matahari parsial.

Dikutip dari laman Instagram @planetariumuinws pada, Rabu (19/4/2023). Pihak planetarium menyampaikan pengumuman nya terkait penutupan planetarium pada libur lebaran idul Fitri 1444H – 2023M dan khusus untuk tanggal 20 April 2023 dibuka bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam Gerhana Matahari Parsial.

“Haloo pengunjung setia Planetarium UIN WS!!!. Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H Planetarium akan tutup sementara mulai 17 April 2023 dan dibuka kembali pada 2 Mei 2023. Tapi khusus hari kamis 20 April 2023 kami akan mengadakan pengamatan gerhana, special show, dan pengamatan hilal.”tulis akun @planetariumuinws pada caption yang diunggah, Selasa (18/4/2023).

Secara terpisah M. Ihtirozun Ni’am Koordinator Observatorium Planetarium UIN Walisongo Kota Semarang saat dihubungi melalui pesan singkat aplikasi berbayar WhatsApp menyampaikan bahwa pada Kamis mendatang planetarium akan dibuka untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Parsial.

“Njjih ada, Kamis mendatang planetarium akan dibuka Khusus hari Kamis, 20 April 2023 Kami akan buka dalam rangka Pengamatan Gerhana Matahari dan Pengamatan Hilal 1 Syawal 1444 H,”ungkapnya.

Adapun untuk agenda yang akan dilaksanakan pada Kamis mendatang diawali pada Jam 8.30 sampai 13.00 Pengamatan Gerhana Matahari Parsial, 09.45 sampai 10.20 Shalat Gerhana, 14.00 sampai 15.00 Show Planetarium* dan dilanjutkan pada pukul 15.30 sampai 19.00 Rukyatul hilal untuk menentukan Awal bulan Syawal atau juga Hari Raya Idul Fitri 1444H.

Guna menunjang agar masyarakat dapat menikmati fenomena alam tersebut pihak Planetarium UIN Walisongo Kota Semarang juga telah menyediakan teleskop atau teropong bintang yang dapat digunakan secara Gratis.

Namun khusus untuk Show Planetarium akan dikenai tarif show seperti biasanya dengan rincian untuk pengunjung anak-anak dekanakan Rp.40.000,- dan dewasa dikenakan Rp.50.000,- .

Selain itu Planetarium UIN Walisongo Kota Semarang juga bakal memberikan Diskon 50% untuk civitas akademik UIN Walisongo Semarang dengan Kuota Terbatas.

Menambahkan informasi jika masyarakat agar tidak ketinggalan momen pemantauan gerhana matahari parsial berikut waktu yang pas sesuai dengan momentumnya, Untuk awal gerhana pada pukul 9.29, puncak gerhana 10.50 dan Akhir gerhana 12.17.(den/red).

iklan

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *