Buka Rakernas, Eny Retno Harap DWP Kemenag Terus Tingkatkan Kompetensi

oleh
iklan

Semarang – Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag, Eny Retno Yaqut membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DWP Kementerian Agama. Rakernas 2024 mengusung tema “Optimalisasi Potensi DWP Kemenag RI dalam Mencapai Kinerja yang Berkualitas”.

“Tema ini diharapkan dapat menjadi ruh, semangat, dan memotivasi organisasi DWP menjadi lebih baik dan berkualitas,” kata Eny Retno Yaqut, di hadapan ibu-ibu DWP Kemenag, di Semarang (5/2/2024).

“Optimalisasi potensi diri itu penting dalam berorganisasi. Karena keberhasilan organisasi terletak pada potensi diri, para pengurus dan anggotanya,” sambung Eny Retno Yaqut.

Eny Retno Yaqut menyampaikan, potensi yang terpendalam dalam diri masing-masing harus terus digali dan dikembangkan. Bagi Eny Retno, dalam mengoptimalkan potensi diri minimal ada tujuh cara, yakni: menemukan potensi diri, menentukan tujuan, menata niat dan memotivasi diri, mulai dengan hal kecil dan mudah untuk dilakukan, konsisten terhadap apa yang sudah dilakukan, temukan gaya bekerja, dan menghargai pencapaian.

“Jika kita sudah mengetahui cara-cara ini, secara otomatis kualitas diri akan mengiringi, tentunya akan berdampak pada kualitas kinerja dalam berorganisasi,” kata Eny Yaqut.

Eny Retno juga menjelaskan tentang peningkatkan kualitas organisasi. Hal itu bisa dilakukan melalui menejemen kinerja yang efektif dan efisien. Forum Rakernas DWP ini penting untuk menetapkan tujuan program organisasi yang jelas, terukur, tercapai, relevan, dan smart.

“Program kerja gak usah tinggi-tinggi, yang utama itu bisa dilaksanakan dan kerjakan,” tegas Eny Retno.

Selain itu, lanjut Eny Retno, dalam berogranisasi jangan sungkan memberikan apresiasi bagi setiap anggota yang berprestasi.

“Berikan umpan balik. Ini menjadi salah satu komponen kunci pada manajemen kinerja yang efektif. Umpan balik yang konstruktif membantu untuk mengetahui keberhasilan kegiatan,” tandas Eny Retno.

Ketua Panitia Rakernas DWP Kemenag, Hilda Anissyifa melaporkan bahwa Rakernas DWP Kemenag ini berlangsung dari tanggal 5 sampai 7 Februari 2024.

“Terima kasih kepada semua peserta Rakernas. Semoga ini membawa kebaikan DWP Kemenag kedepan,” kata Hilda.[den/red]

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *