Dana Desa Naik Rp 2 M, Gus Imin: Kalau PKB Menang Rp 5 M

oleh
iklan

JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menanggapi santai keputusan Badan Legislatif (Baleg) DPR yang menyepakati Dana Desa akan naik 2 kali lipat menjadi Rp 2 miliar per desa.

Pria yang akrab disapa Gus Imin ini menegaskan jika keinginan PKB tetap tidak berubah, yaitu memperjuangkan kenaikan Dana Desa menjadi Rp 5 miliar per desa. Sebab itu ia optmistis target tersebut bisa dicapai jika PKB menang Pemilu 2024.

“Nggak apa-apa kali ini naik Rp 2 miliar. Nanti kalau PKB menang Dana Desa minimal Rp 5 miliar di setiap Desa,” kata Gus Imin di Jakarta, Rabu (5/7/2024).

Keputusan Banggar DPR RI terkait kenaikan Dana Desa dinilai Gus Imin sebagai hal yang tepat. Pasalnya keputusan itu adalah salah satu langkah konkret dalam menyelematkan realisasi penggunaan APBN.

Ia menyatakan, strategi pembangunan nasional sudah seharusnya diubah dari yang sebelumnya dari atas menjadi dari bawah, atau dari desa. Menurutnya perubahan orientasi tersebut akan menjadikan Indonesia akan lebih cepat maju.

“Ini untuk menyelamatkan uang APBN juga. Asal setahun ini persiapan total agar Dana Desa bebas dari korupsi,” tegas Gus Imin.

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR menyepakati usulan kenaikan 20 persen Dana Desa yang berasal dari dana transfer daerah untuk dimasukkan dalam draf revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Dengan demikian, sebagian besar setuju dengan 20 persen. Setuju ya?” ujar Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas dalam rapat dan diikuti ketukan palu.

Supratman menjelaskan, awalnya anggota Baleg ingin Dana Desa ditetapkan langsung nominalnya sebesar Rp 2 miliar per Desa.

Meski demikian, usulan itu akhirnya ditolak karena dianggap akan menimbulkan ketidakadilan sebab di satu sisi ada Desa yang memiliki penduduk hanya 400an orang dan di sisi lain ada yang berpenduduk hingga 12 ribu orang.

Pewarta : Mas Raden

Gambar Gravatar
Tulis Deskripsi tentang anda disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *