Refleksi Satu Tahun Menjadi pengawas Madrasah

oleh
iklan

Oleh : Said Edy Wibowo (Pengawas Madrasah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro – Jawa Timur)

Setaun yang lalu saya menjadi Pengawas Madrasah, dan melakukan tugas kepengawasan harus kesana kemari mencari referensi, tetapi akhirnya harus belajar program kepada pengawas senior.

Alhamdulillah awal taun yang baik Pokjawas mengadakan kegiatan FGD yang dikhususkan untuk perjalanan program pengawasan melalui aplikasi e- Kepengawasan madrasah.

FGD e-Kepengawasan madrasah adalah: transformasi Tugas Pengawas.
Forum Group Discussion (FGD) e-Kepengawasan madrasah menjadi tonggak penting dalam menghadirkan transformasi dalam tugas pengawas Madrasah.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pendekatan ini membuka pintu menuju efisiensi dan efektivitas dalam pengawasan madrasah.
Dulu, tugas pengawas lebih bersifat manual dan cenderung terbatas dalam cakupannya.

Namun, melalui FGD e-Kepengawasan madrasah para pengawas dapat memahami teknologi untuk mengoptimalkan perannya dalam pendampingan di Madrasah.

Penggunaan platform digital memungkinkan pengawas untuk mengakses informasi secara real-time, memfasilitasi pemantauan lebih akurat terhadap proses pembelajaran, manajemen madrasah, hingga aspek administratif.

Kelebihan utama FGD e-Kepengawasan adalah terletak pada pengumpulan dan analisis data secara lebih cepat dan semangat kebersamaan. Pengawas Madrasah dapat dengan mudah mengakses catatan Raport Pendidikan, EDM, eRKAM dan hasil evaluasi untuk proses pendampingan tanpa harus melibatkan proses manual yang memakan waktu.

Hal ini memungkinkan pengawas madrasah untuk lebih fokus pada pemecahan masalah dan perbaikan kualitas pendidikan di Madrasah.

Selain itu, FGD e-Kepengawasan Madrasah juga membuka ruang bagi kolaborasi antara pengawas, kepala Madrasah dan pihak madrasah.

FGD mempermudah pertukaran informasi, ide, dan saran antar pengawas untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih terbuka dan responsif terhadap perubahan.

Meskipun adopsi teknologi dalam pendidikan mungkin memerlukan investasi awal, manfaat jangka panjangnya sangat signifikan. FGD e-Kepengawasan madrasah bukan hanya tentang peningkatan efisiensi administratif, tetapi juga menciptakan fondasi yang kokoh untuk pengambilan keputusan yang berbasis data dan perbaikan berkelanjutan dalam kualitas pendidikan madrasah.

Dengan demikian, FGD e-Kepengawasan madrasah bukan sekadar transformasi tugas pengawas madrasah, tetapi juga langkah menuju pendidikan yang lebih maju, adaptif, dan berkualitas.

Melalui pemanfaatan teknologi, pengawas dapat menjadi Fasilitator, Coaching untuk perubahan positif yang membawa dampak jangka panjang bagi dunia pendidikan Madrasah.

Terima kasih Pokjawas Bojonegoro, terima kasih rekan senior yang berbagi keilmuan.
Salam Hangat

Pewarta : Redaksi Istana

Gambar Gravatar
Deskripsi tentang penulis berita di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *